Memahami fungsi halaman Discover Google untuk situs berita

Jumat, 19 Agustus 2022 : 17.16
Simpan

Discover fitur yang dikembangkan oleh Google guna menampilkan konten yang terkait dengan minat pengguna, berdasarkan aktivitas web dan aplikasi.

cover | indotema.com
Discover fitur yang dikembangkan oleh Google guna menampilkan konten yang terkait dengan minat pengguna, berdasarkan aktivitas web dan aplikasi di perangkat pengguna.

Google Discover merupakan halaman yang menampilkan konten serta informasi yang dikemas dalam bentuk seperti deretan informasi di perangkat Android serta iOS.

Selain itu, halaman Discover juga bisa diakses oleh pengguna dengan cara meng-klik ikon "Discover" yang berada di halaman utama aplikasi Google Search.

Dari penelusuran indotema.com terkait fitur ini, banyak fungsi dan manfaatnya untuk situs berita guna mendatangkan trafik. Apa saja? berikut ulasannya.

Dicvover Google
Memahami perbedaan antara Discover dan Penelusuran.

Penelusuran: Pengguna memasukkan istilah penelusuran untuk menemukan informasi bermanfaat yang terkait dengan kueri mereka, sementara Discover menggunakan pendekatan yang berbeda. 

Discover: Menampilkan konten terutama berdasarkan kecocokannya dengan minat pengguna menurut sistem otomatis Google, bukan menampilkan hasil sebagai respons terhadap kueri.

Discover secara aktif menyesuaikan sistem.

Sebagai feed yang sangat dipersonalisasi, Discover secara aktif menyesuaikan sistem dengan minat pengguna dan menampilkan konten yang cocok dengan minat tersebut. 

Konten di Discover otomatis dimuat ulang saat konten baru dipublikasi, tetapi Discover dirancang untuk menampilkan segala jenis konten yang bermanfaat dari seluruh web, jadi bukan konten yang baru dipublikasi saja.

Konten yang bermanfaat.

Sistem Discover selalu berupaya meningkatkan kualitas halamannya untuk menayangkan konten yang bermanfaat dan dipersonalisasi kepada pengguna. 

Karena Discover bersifat tidak terduga, traffic dari Discover kurang dapat diprediksi atau kurang dapat diandalkan jika dibandingkan dengan Penelusuran. 

Selain itu, traffic Discover dianggap sebagai tambahan untuk traffic Penelusuran. Google sepertinya terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna Discover, hal ini berarti situs mungkin akan melihat perubahan pada traffic yang tidak berkaitan dengan kualitas atau frekuensi publikasi konten situs.

Kebijakan konten Discover:

Guna membantu memastikan Google Discover menghadirkan pengalaman yang bermanfaat bagi semua orang, konten harus mengikuti praktik terbaik untuk Discover agar memenuhi syarat. 

Konten tidak boleh melanggar seluruh kebijakan Google Penelusuran atau kebijakan fitur Penelusuran sebagai berikut:

  • Konten berbahaya
  • Praktik penipuan
  • Konten yang melecehkan
  • Konten yang menyebarkan kebencian
  • Media yang dimanipulasi
  • Konten medis
  • Konten seksual vulgar
  • Konten teroris
  • Kekerasan & adegan menyeramkan
  • Bahasa vulgar & kata-kata tidak sopan
Share

Jasa website, aplikasi dan advertising - indotema.com

All Right Reserved | 2010 - 2022.

PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas.

Google Developers - indotema.com™