Cara mudah mendapatkan gambaran audiens dari performa situs

Selasa, 21 Juni 2022 : 13.08
Simpan

Manfaat keberadaan situs web pada dasarnya dapat dilacak dan menampilkan semua metrik yang dibutuhkan, berdasarkan informasi halaman pengacu.

cover | indotema.com
Bagaimana cara mengetahui siapa pengunjung situs? pertanyaan ini paling banyak yang diajukan klien ke indotema.com. Hal ini parameter penting untuk mendapatkan masukan tentang cara audiens berkembang sesuai kebutuhannya.

Manfaat keberadaan situs web pada dasarnya dapat dilacak dan menampilkan semua metrik yang dibutuhkan. 

Berikut ini ulasan beberapa cara mudah untuk mendapatkan gambaran tentang performa situs untuk mendapatkan gambaran audiens dari performa situs web.

Pemahaman sederhana:

Web Analytics merupakan proses menganalisis data yang berhubungan dengan perilaku pengunjung suatu situs web. Dengan Web Analytics, semua metrik dapat melacak secara rinci pengunjung halaman, pengunjung unik, dan kesukaan mereka. 

Sistem web analytics untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana situs web digunakan dan atau untuk meningkatkan kinerja situs web sesuai dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Lantas bagaimana cara mengetahui siapa pengunjung situs?

Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. 

Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Google Analytics adalah sebuah layanan dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan.

Google menawarkan berbagai solusi untuk mengukur data situs guna mendapatkan lebih banyak informasi terkait pengunjung situs. Terdapat berbagai macam solusi, dari alat tingkat dasar hingga analisis perusahaan yang mendetail. Pelajari lebih lanjut di situs Google Analytics.

Metrik media sosial.

Sebagian besar platform media sosial menawarkan pengukuran data dasar. Untuk mengetahui indikasi kemajuan Anda, lacak jumlah pengikut dan pertumbuhannya dari waktu ke waktu, serta interaksi mereka di postingan Anda (interaksi 1-5% dianggap baik).

Langkah apa saja yang diperlukan selain tool Analytics?

Seperti penelusuran indotema.com dari halaman resmi Google, menjelaskan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan masukan berharga di situs web adalah dengan menguji kemudahan saat menggunakannya. Ini berarti meminta pengunjung nyata mencoba situs Anda dan melihat reaksinya.

Beberapa indikator yang direkomendasikan Google untuk membantu mengoptimalkan upaya dan mencapai tingkat berikutnya.

Konversi.

Apakah mendapatkan banyak traffic di situs, tetapi tidak memperoleh banyak penjualan atau pelanggan? Banyaknya orang yang terlalu cepat keluar dari situs bisa menjadi indikasi bahwa kualitas situs perlu ditingkatkan untuk mempertahankan pengunjung dan mendorong tindakan yang diinginkan (seperti pembelian), atau mungkin menargetkan jenis pengunjung yang salah.

Uji coba.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan masukan berharga di situs web adalah dengan menguji kemudahannya digunakan. Ini berarti meminta pengunjung nyata mencoba situs Anda dan melihat reaksinya.

Distribusi.

Jika suatu situs web mendapatkan banyak traffic di satu platform media sosial, namun tidak sampai ke situs, sebaiknya pikirkan cara untuk memperkuat koneksi antara situs dan akun media sosial. 

Saat membuat dan memposting konten di satu tempat, sebarkan berita di mana-mana dan lakukan promosi silang di berbagai platform agar audiens tidak terpecah-pecah. 

Selain itu, cantumkan link ke halaman yang relevan di situs dalam postingan media sosial tersebut. 

Kemudian sebaliknya, cantumkan link ke akun media sosial di situs agar pengunjung dapat dengan mudah menyukai serta mengikuti atau berlangganan di media sosial itu, langsung dari halaman situs.
Share

Jasa website, aplikasi dan advertising - indotema.com

All Right Reserved | 2010 - 2022.

PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas.

Google Developers - indotema.com™