Percepatan teknologi informasi desa, indotema.com konsen di Indonesia Timur

Taufik founder indotema.com
Kesenjangan pembangunan merupakan hal yang sampai saat ini masih terjadi di Indonesia. Kesenjangan tersebut terjadi antarwilayah serta antar kota dan desa. Kesenjangan yang terjadi antar kota dan desa juga terjadi dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. 

Teknologi merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kesenjangan arus informasi yang terjadi di desa. Konsep yang sederhana, merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian. 

"Dengan adanya website desa mempercepat arus informasi, diharapkan pelayanan publik dapat meningkat dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa menjadi berkembang khususnya di Indonesia Timur, indotema.com konsen dan fokus di wilayah timur karena beberapa faktor, terutama minimnya informasi desa-desa pontensial di Indonesia Timur," beber Taufik, founder indotema.com, Kamis (21/10/2021).

Teknologi informasi seperti website desa sebagai katalisator perbaikan layanan publik, pelayanan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi informasi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan publik yang lebih cepat. 

"Dalam website desa digital, pelayanan publik akan bersifat digital dengan terkoneksi melalui jaringan internet. Pelayanan yang bersifat digital akan mendorong peningkatan layanan publik di desa-desa dan mempermudah perangkat desa untuk melakukan evaluasi dan perbaikan layanan dengan basis data," jelas Taufik kembali.

Hingga saat ini, pembentukan beberapa website desa telah dilakukan tim indotema.com, pengembangan teknologi informasi merupakan kolaborasi antara indotema.com dan beberapa Pemeritah Desa (Pemdes) di Indonesia Timur yang memiliki kewenangan Pemdes mencakup perencanaan, pengorganisasian atau kelembagaan, penggunaan sumber-sumber daya.

"Platform dan fitur-fitur yang dikembangkan indotema.com sesuai dengan ketentuan Undang-undang Desa, Permenkominfo dan Permendagri, pembentukan beberapa website desa telah dilakukan tim indotema.com sebagai simulasi dan percepatan, agar kendal-kendala yang ada di desa-desa wilayah Indonesia Timur dapat teratasi. Semoga program ini dapat membantu dan teknologi informasi dapat merata di seluruh Indonesia, website desa yang telah berkoloborasi dengan indotema.com secepatnya kita publikasikan sebagai studi banding ke intansi terkait," tutup Taufik.

Program Website Desa

Share

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Jasa website, aplikasi dan advertising: indotema.com
Copyright © 2010-2021 | Powered by: Google Domains
Notifikasi
Untuk mempermudah layanan, jalankan aplikasi progressive indotema.com di perangkat Anda, klik icon di atas kanan, klik install.
Terima Kasih