Website lebih cepat diakses, gunakan format gambar WebP

Rabu, 15 Juni 2022 : 15.56
Simpan

WebP memiliki ukuran file tiga kali lebih kecil dibandingkan dengan file gambar lainnya.

cover | indotema.com
WebP merupakan format file gambar yang dirilis oleh Google ditujukan sebagai pengganti format file JPEG, PNG, dan GIF. Ini mendukung kompresi lossy dan lossless, serta animasi dan transparansi alfa.

Parameter format gambar WebP sebagai turunan dari format video VP8, Google telah merekomendasikan menggunakan WebP untuk gambar animasi sebagai alternatif untuk format GIF populer.

Dari format ini dapat memaksimalkan warna 24-bit dengan transparansi, menggabungkan frame dengan lossy dan kompresi lossless dalam animasi yang sama, dan juga dukungan untuk mencari ke frame tertentu.

Seperti penelusuran dan uji coba indotema.com tools WebP sebuah format gambar modern yang menyediakan kompresi lossless dan lossy super cepat dari sebuah gambar di halaman website. 

Tools WebP | indotema.com
Menggunakan WebP, webmaster pengembang web atau editor konten dapat membuat gambar yang lebih kecil dan lebih kaya yang membuat halaman web lebih cepat diakses.
"Gambar lossless WebP berukuran 26% lebih kecil dibandingkan dengan PNG. Gambar lossy WebP 25-34% lebih kecil dari gambar JPEG yang sebanding pada indeks kualitas SSIM yang setara," tulis Google di halaman resminya.
WebP lossless mendukung transparansi dikenal sebagai saluran alfa dengan tambahan hanya 22% byte. Untuk kasus ketika kompresi RGB lossy dapat diterima, WebP lossy juga mendukung transparansi , biasanya menyediakan ukuran file tiga kali lebih kecil dibandingkan dengan PNG.

Bagaimana membuat WebP yang lebih mudah dan sederhana?

tools WebP | indotema.com
Kini indotema.com mengembangkan tools atau alat WebP guna memungkinkan pengguna mengkonversi foto gambar jpg, png, bmp, gif dengan mudah ke gambar WebP. Kurangi ukuran gambar melalui konversi WebP lebih cepat dan sederhana.

Sistem ini memungkinkan pengguna mengkonversi foto gambar jpg, png, bmp, gif dengan mudah ke file gambar WebP. 

Alur penggunaan alat ini sederhana dan mudah digunakan. Konversikan gambar pengguna ke file WebP dengan aplikasi secara lokal. Pengguna dapat mengurangi ukuran gambar melalui konversi WebP secara maksimal untuk mempercepat akses halaman website ketika diakses.

Tools WebP juga dikembangkan hanya bekerja secara lokal tanpa melalui server. Ini memungkinkan pengguna untuk mengkonversi secara instan, gambar real-time ke file WebP. 

Pengguna juga dapat mengkonversi dari banyak file gambar dengan satu klik. Dan dapat memilih file gambar untuk dikonversi dari komputer lokal pengguna secara langsung. Pengguna dapat mencobanya di halaman Tools klik icon WebP.

Selamat mencoba dan cerdas digital..!
Share

Jasa website, aplikasi dan advertising - indotema.com

All Right Reserved | 2010 - 2022.

PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas.
Terdaftar PSE Kemkominfo: Nomor 20220907-ZH587

Google Developers - indotema.com™