Menentukan kata kunci pencarian populer dengan Google Trends

Selasa, 14 Juni 2022 : 21.17
Simpan

Google Trends menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh para blogger, editor berita hingga praktisi SEO.

cover | indotema.com
Google Trends sebagai tools atau alat yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dunia Google, halaman ini pertama kali dirilis pada tahun 2006 silam.

Google Trends menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh para blogger, praktisi Search Engine Optimization (SEO), hingga para editor berita untuk mencari kata kunci dan topik berita di seluruh dunia. 

Alat ini berfungsi melakukan pencarian topik ataupun melakukan riset kata kunci (keyword) yang sedang populer, baik skala nasional (Indonesia), pengguna juga bisa melihat informasi yang sedang populer di seluruh negara. 

Google Trends juga dapat berguna sebagai bahan bagi para penulis dan editor berita di suatu media siber untuk memilih topik berita yang terbaik di mesin pencarian Google guna meningkatkan trafik serta mengoptimalkan SEO.

Apa funsgi Google Trends? berikut rangkuman indotema.com:

1. Menentukan topik. 

Menggunakan Google Trends, pembuat berita atau editor dapat membantu dalam menentukan topik berita pembahasan yang bagus untuk para pembaca.

2. Data pembanding. 

Dengan Google Trends, pengguna dapat membandingkan topik yang sedang dibahas dengan topik yang menarik di Indonesia serta trend berita di seluruh dunia. 

3. Popularitas. 

Dengan melihat topik paling populer di mesin pencari Google, akan sangat membantu bagi editor berita untuk membuat konten berkualitas umtuk pembaca setia.

4. Target pembaca. 

Pengguna dapat menemukan target pengunjung yang sedang viral dalam suatu topik. Melalui layanan ini pengguna dapat melihat statistic data berdasarkan negara, kota bahkan bahasa yang dapat dijadikan referensi dalam pembahasan topik berita.

5. Frekuensi. 

Dengan Google Trends pengguna bisa mengetahui seberapa sering suatu topik berita muncul di mesin pencari atau Google News, dengan tingkat frekuensi ini, editor berita dapat menetapkan kategori atau tag halaman sesuai dengan tingginya minat pembaca. 

6. Kata kunci. 

Kata kunci sangat penting bagi suatu situs berita, terutama mereka yang berlomba-lomba memperebutkan topik berita untuk menduduki peringkat pertama di mesin pencari Google atau masuk kedalam discover Google sesuai dengan minat pembaca.

Bagaimana mendapatkan 10 pencarian populer Google Trends di Indonesia?

cover | indotema.com
Tools dengan sistem real-time Google Trend bisa ditemuka di halaman member, klik icon Trends daftar kata kunci 10 populer di Indonesia dapat menjadi referensi sebuah tulisan artikel dan berita.

cover | indotema.com
Selamat mencoba dan cerdas digital.!
Share


From
PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas
PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas.
PSE Kominfo: 007675.01/DJAI.PSE/09/2022
Kompatibel:
Jasa web berita dan develoment media digital: indotema.com
Copyright © 2024 - All right reserved.