Tips jitu memilih domain untuk media online

Selasa, 02 April 2019 : 15.10
Simpan

Dalam catatan Indotema.com ekstensi dot ID (.id) dalam kurung waktu 2 tahun menjadi identitas brand Indonesia yang sangat digemari khususnya media-media online (daring) yang dibentuk oleh kalangan milenial.

cover | indotema..com
Indotema.com - Menurut situs Wikipedia, nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Lantas bagaimana memilih nama domain yang baik dan benar untuk sebuah media online? berikut 5 ulasannya yang dirangkum indotema.com.

1. Ekstensi domain populer.

Dalam perkembangan dunia internet khususnya Indonesia ekstensi domain dot com (.com) termasuk "top level domain" tetap menjadi pilihan pupuler.

Mayoritas (55%) situs web populer dunia menggunakan domain ekstensi .com.  karena masih menjadi ekstensi yang disukai karena paling mudah diingat.

Namun dalam catatan Indotema.com ekstensi dot ID (.id) dalam kurung waktu 2 tahun, domain ekstensi .id menjadi identitas brand media Indonesia yang sangat digemari khususnya media-media online (daring) yang dibentuk oleh kalangan milenial.

2. Tidak lebih dari 9 huruf.

Saat ini sangat sulit mendapatkan nama domain satu kata yang mudah diingat, maka pertimbangkan untuk menambahkan satu atau maksimum dua kata dan tidak lebih dari 9 huruf.

Kombinasi dua kata sangat cocok untuk nama yang mudah diingat, contoh bonepos.com atau jalamalut.com penggabungan dua kata sesuai karakter media.

3. Mudah diingat.

Nama domain harus mudah diingat. Alamat yang mudah diingat, akan mudah ditemukan.

4. Mudah diucapkan.

Jangan gunakan kata asing dan kombinasi huruf yang “aneh”. Ini penting karena sering kali kita harus memberi tahu nama domain dengan mengucapkannya.

5. Mudah diketik.

Cari nama sederhana untuk diingat dan mudah dimasukkan di bilah alamat atau bidang pencarian.

Itulah beberapa tips mendasar memilih nama domain untuk media online, ikuti tips selanjutnya atau Anda ingin membuat media online dengan harga termurah: klik.
Share


From
PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas
PT. Kolaborasi Indonesia Cerdas.
PSE Kominfo: 007675.01/DJAI.PSE/09/2022
Kompatibel:
Jasa web berita dan develoment media digital: indotema.com
Copyright © 2024 - All right reserved.